Sunday, November 22, 2020

Cara Membuat Kue Pukis Green Tea

Kue pukis merupakan salah satu jenis kue yang banyak dijual di pasar tradisional. Pukis improvisasi paling baik dimakan panas. Adonan kue manis ini sangat mirip dengan pancake atau dorayaki Jepang. Bedanya, pukis menggunakan santan sebagai cairan ragi untuk membuat adonan mengembang dan keropos. Kemudian pukis juga dibakar dalam cetakan.

Menurut beberapa sumber, pukis merupakan modifikasi dari waffle ala Indonesia yang juga dikenal dengan kue bapel. Sebagai penambah rasa, pukis tidak akan lengkap tanpa topping seperti chocolate chip, keju iris, atau kismis.

Agar pukis matang merata, panaskan cetakannya terlebih dahulu lalu poles dengan margarin. Pastikan api yang Anda gunakan tidak terlalu besar agar permukaan cat tidak terbakar, melainkan masih basah atau belum matang di dalamnya. Tambahkan saus puki setengah matang. Hindari mengoleskan topping saat menuangkan adonan ke dalam loyang, karena akan menyebabkan isian “mengalir” ke dalam kue. Laporan tahunan Mayora

Sajikan kue puki sebagai menu sarapan pagi atau sebagai camilan untuk teman Anda minum teh dan kopi di rumah. Jadi Anda ingin melukis, bukan?

Bahan yang dibutuhkan:

Teh hijau SariWangi

Bahan 1

50 ml air hangat

7,5 g ragi instan

25g tepung serbaguna

Bahan 2

130 g gula pasir

3 butir telur ayam

250 g tepung terigu serbaguna

150 ml santan panas

150 ml susu skim

2 kantong teh hijau SariWangi

50 ml minyak

½ sendok teh garam

3 tetes pewarna makanan hijau

margarin, olesi

Dressing

70g chocolate chip

70g keju cheddar, potong 3x1x1 cm

Bagaimana melakukan

1. Bahan 1: Campur tepung terigu, air dan baking powder hingga rata. Diamkan 10 menit atau hingga terbentuk gelembung. Tinggalkan di samping.

2. Bahan 2: Panaskan santan rendah lemak dan santan hingga hampir mendidih. Angkat dan rendam teh hijau SariWangi. Biarkan sampai tidak panas. Keluarkan kantong tehnya. Tinggalkan di samping

3. Kocok telur dan gula pasir dengan mixer dengan kecepatan sedang sampai berbusa. Kurangi kecepatannya, sedikit demi sedikit tambahkan tepung dan bahan 1 sambil kocok merata.

4. Tambahkan santan dan pewarna makanan hijau, aduk rata. Biarkan adonan mengembang selama 1 jam.

5. Panaskan pemotong kue dengan api kecil, olesi setiap lubang dengan margarin.

6. Taruh adonan di tiap lubang cetakan, tutup. Rebus selama kurang lebih 3 menit.

7. Isi isian berupa keju atau chocolate chip. Tutup kembali, masak sampai matang selama sekitar 6 hingga 8 menit. Keluarkan pukisnya. Melayani.

Semoga berhasil!